Analisis Kebutuhan Bandwith

Analisis Kebutuhan Bandwith

 Bandwidth 
     adalah banyaknya kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik
Bandwidth seperti diungkapkan di atas adalah kemampuan maksimum dari pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik
 
bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu:

1.Bandwidth Digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang  dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

2.Bandwidth Analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Troughput 
     adalah andwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.
contoh: jika anda mempunyai bandwidth 1 mb tetap kemudian dipakai lagi oleh orang lain maka kecepatan banwidth akan menurun itulah yang dinamakan Troughput.
Kebutuhan bandwidth dalam jaringan
         Agar penggunaan bandwidth efektif, klien harus mengetahui kebutuhan layanan untuk dirinya, sehingga dapat menghitung total bandwidth yang dibutuhkan. Semakin besar bandwidth yang digunakan semakin besar pembayaran bulanan pada ISP.
keragaman kebutuhan bandwith sesuai kebutuhan
       misal smk nu maarif mempunyai  2 ruang lab. Komputer yang terhubung untuk browsing (tidak digunakan untuk download). Hitung kebutuhan bandwidth secara ideal.
Analisa kebutuhan bandwidth  
 1. Penggunaan internet di sekolah banyak digunakan untuk layanan web atau browsing. Layanan web membutuhkan bandwidth minimal 128 Kbps.
 
2. Lab. Komputer 2 ruangan, masing-masing 40 komputer. Total komputer adalah 40*2=80 komputer.
 
3. Kebutuhan bandwidth adalah 128 Kbps *80=10240 Kbps.
jadi smk nu maarif minial harus punya bandwidth 10240 kbps atau 10 mbps

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Komunikasi

Standar Komunikasi Data

Teknik Pemodulasian AM,FM,PM,FSK,PSK,dan CDMA